Tentang HELM | About Helmet

Helm untuk pengendara motor sekarang sudah lazim digunakan. Bahkan bukan hanya lazim, tapi merupakan keharusan karena sudah ada Undang-undangnya dan beberapa negara berkembang dan maju telah menerapkannya. Karena Helm motor sangat bermanfaat untuk melindungi kepala para biker (terutama organ Otak) dalam mengurangi dampak kecelakaan.

Namun, bagaimana asal usul helm motor dapat tercipta? Ternyata ada ceritanya lho…

Menurut website Wikipedia.org, Helm Motor bermula karena kecelakaan seseorang dari sepeda motor. Seorang yang bernama T.E. Lawrence atau terkenal dengan nama Lawrance of Arabia) mendapat kecelakaan saat sedang mengendarai motor jaman jadul (alias kuno) Brough Superior SS100. Kecelakaan terjadi karena jalan yang landai/menukik menghalangi pandangannya terhadap dua orang bocah yang sedang mengendarai sepeda. Dengan refleknya dia banting setir motor untuk menghindari anak-anak itu. Namun, dia kehilangan kendali dan terlempar dari pegangan setir motor. Dia tidak menggunakan helm sehingga mendapatkan luka bagian kepala yang sangat serius sehingga membuat dia dalam keadaan koma. Setelah 6 hari di Rumah Sakit, Lawrence meninggal dunia. 

Salah satu dokter bedah saraf (neurosurgeon) yang menangani Lawrence bernama Huge Cairns, semenjak itu mulai melakukan penelitian terhadap pengendara-pengendara motor (biker) yang kehilangan nyawa karena luka kepala akibat kecelakaan motor. Sejak saa itu, penelitian Dokter Cairns memicu penggunaan Helm untuk Militer dan Warga Sipil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s